Thursday, May 26, 2011

Mencari informasi tempat hosting sebuah domain dan informasi bagian penting blog atau web

Tulisan ini juga karena ketidaktahuan saya.. karena ingin belajar ngeblog, melihat web atau blog yang keren-keren jadi minder. Eh salah..maksudnya karena dalam lingkup belajar blog.. jadi pengen tahu itu web atau blog yang punya siapa (pasti orangnya juga keren :-)) Kemudian ada blog atau web yang cepat di aksesnya dan ada yang "suwi tenan" alias lama banget waktu aksesnya, ada apa denganmu blog?? nah itu latar belakangnya salah tulis belajarnya saya biar gak lupa.

Dari google didapat sumber yang dapat di percaya (maaf saya taruh dibawah sumbernya ya). Secara teori hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS. Server hosting terdiri dari gabungan server-server atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi (wikipedia).

Menurut bahasa belajar saya, istilah host mengacu kepada tuan rumah, sehingganya kalau ada acara di TV, istilah host sama tuan rumah (pembawa acara). Yang gawatnya lagi ada konotasi istilah host di negeri kita ini. Pernah dengar istilah "hostes", yang beranalogi ke pramuria karena tuan rumah yang dapat disewa (maaf bukan mendeskreditkan).

Menurut saya lebih tepat kalau mungkin diistilahkan sebagai "kamar kost" untuk tempat tinggal kita ketika kita sedang kuliah. Disana kita bisa menaruh barang-barang kita (dianalogikan sebagai halaman web, database, dll). Dan kita bisa akses dengan cepat jika kamar kost tersebut bagus baik luasan, kondisi, lokasi, termasuk ibu kostnya baik dan sexy (apa hubungannya yang terakhirnya?). Jadi kesimpulannya kalau hosting kita bagus - akses pasti cepat.

Nah, melihat web atau blog tadi yang keren jadi pengen liat siapa yang punya itulah tujuan saya belajar kali ini. Jadi pertanyaannya "bagaimana cara bisa mengetahui tempat hosting sebuah web atau blog?" Sumber-sumber belajar blog mengatakan Coba cek http://www.whoishostingthis.com. Baru link itu yang bisa cukup meyakinkan memberikan informasi tempat hostingnya. Caranya langsung saja masukkan alamat web atau blog yang anda ingin tahu dimana hostingnya. kemudian tekan enter (Alhamdulillah saya sudah lulus kalau belajar klik enter walaupun tidak saya catat).

Eh ternyata banyak fungsi juga ini web, di bagian bawahnya kita bisa menikmati fasilitas lainnya loch (positif thinking ya), yaitu :
1. Whois, nah kelihatan deh siapa aktor di belakang web atau blog keren tersebut. Catat info guru tersebut, siapa tahu mau berbagi ilmu.
2. DMCA takedown, apaan tuch dmca..(entar belajar lebih serius ah tentang istilah ini). Digital Millennium Copyright Act kepanjangannya, kira-kira badan yang mengurusi pencurian isi (content) terkait pelanggaran hak cipta. Jadi juga memberi fasilitas jika kita merasa content kita di curi oleh web tertentu.
3. Builtwith, wah penting ini sepertinya. Kita bisa belajar apa saja bahan-bahan pembentuk web atau blog tersebut. Ibarat kontruksi, apakah memakai kontruksi beton, kayu, atau baja. Kemudian lantainya apa, cat, atap, pagar, dll.


Wah benar-benar manfaat menurut saya, jadi saya berterima kasih kepada ...waduh sumbernya hilang..udah malem nanti dieditlah..begitupun kalau ada info tambahan mengenai topik Mencari informasi tempat hosting - domain - bagian penting sebuah blog atau web akan sekalian di edit. Sekali lagi maaf.