Thursday, May 26, 2011

Dimana dan bagaimana mengubah meta keyword dan description pada bagian kepala halaman (header) template blogspot

Keterbatasan pengetahuan lagi yang membuat saya menulis ini. Karena blog ini saya pikir berubah temanya, dan ternyata saya lupa dimana dan bagaimana mengubah meta keyword dan description pada bagian kepala halaman (header) template. Padahal baru diberitahu beberapa hari yang lalu....Dasar ganteng..

Ternyata mengubah meta keyword dan description di blogspot terdapat di bagian Rancangan - Edit HTML. Nah disanalah tempat lahir beta...eh disanalah tempat kita mengedit kata kunci dan deskripsi dari blog kita. Mengapa penting? katanya biar blog kita cepat diakrabi oleh search engine, karena blog kita ramah dan jelas sehingga search engine-nya pun berbaik hati kepada kita.

Jadi dengan menaruh kata kunci yang tepat dan berkesesuaian dengan tema blog kita, bot google ("siapa lagi itu..?") merasa lebih mendapatkan kemudahan dalam revelansi dan mengukur optimasi halaman blog kita. Halah..amatir bicaranya ngaco ini, jadi gak diterusin (malu ama yang jago-jago, ntar belajar dulu dan membuktikan baru nulis tentang Search Engine Optimation (SEO)).

Nah kembali ke laptop, temukan :
baris dengan awalan meta dan ujungya description, nah ditengah tanda petik = 'ISI DENGAN DESKRIPSI BLOG ANDA (SESUAIKAN DENGAN JUDUL)'
baris dengan awalan meta dan ujungya keyword, nah ditengah tanda petik = 'ISI DENGAN BEBERAPA KATA KUNCI YANG MEWAKILI BLOG ANDA '


udah gitu doang, terakhir klik simpan template. Untuk mengeceknya pada halaman artikel blog anda, klik kanan - pilih "lihat kode sumber". Pastikan meta deskription dan meta keyword telah sesuai dengan yang anda isikan. Kalau tampilan blog, manusia yang menikmati, namun untuk search engine yang makanannya adalah kode-kode..maka berilah kode-kode yang enak enak buatnya, niscaya search engine akan lebih mencintaimu..("halah ngaco lagi!!").

I think that's it for this time. Good night sleep tight. Oh iya untuk pengingat saya juga, saya akan "belajar bagaimana mematikan fungsi spelling di editor blogspot?" ndut-ndutan saya editnya.